Keberangkatan di depan mata tetapi packing belum selesai….. Barang-barang apa ya yang harus dibawa ketika pertama kali berangkat ke London untuk studi?

Long John Thermal
Kalian bisa beli Long John Thermal ini di toko atau online, biasanya hanya merk internasional yang menyediakan jenis pakaian ini seperti Mark & Spencer dan GAP. Kalau tidak ada, kalian bisa beli kaos lengan panjang. Lebih baik kaos yang berbahan dasar katun daripada polister dan legging dengan kerapatan tinggi (80-100 kerapatan).

Perhatikan kaos atau legging tersebut cukup nyaman “memeluk” badan kalian supaya dapat mempertahankan panas tubuh selama musim dingin. Baca label pakaian secara teliti, pastikan yang berjenis thermal, ukuran yang sesuai dengan badan kalian, bahan dasar dan kerapatan untuk legging. Jenis pakaian ini seringkali mahal karena merupakan barang impor, beli saja satu atau dua untuk kebutuhan awal. Nanti kalian bisa beli lagi jenis pakaian ini di London dengan harga yang lebih murah ☺



Jaket Anti Air
Cuaca di London berubah sangat cepat dalam hitungan menit. Pastikan kamu membawa jaket anti air seperti ini supaya terlindung dari hujan gerimis khas London. Kalian bisa membeli atau membawa jaket anti air seperti yang banyak digunakan para pendaki. Jaket yang punya hoodie akan lebih fungsional ketika hujan dan lapisan jaket bagian dalam yang lebih tebal akan membuat badan tetap hangat



Sepatu dan Kaos Kaki
Idealnya, kalian membawa sepatu yang berbahan dasar gore tex yang akan melindungi kaki kalian dari hawa dingin dan hujan. Namun, sepatu berbahan dasar ini sangat jarang tersedia di Indonesia dan kalau pun ada seringkali harganya mahal! Jadi, cari dan bawa sepatu yang sekiranya menggunakan bahan dasar yang kuat dan tahan terhadap hawa dingin dan air.

Utamakan kenyamanan dalam memakai sepatu, karena di London kalian akan lebih banyak jalan atau naik tangga. Bawa lebih dari lima pasang kaos kaki, lebih baik jika terbuat dari bahan dasar wol. Kalau pun tidak ada, yang terbuat dari bahan dasar katun akan cukup membantu menghangatkan.



Penghangat Badan
Lindungi telinga, kepala, tangan, dan lehermu dari cuaca di musim dingin. Bawa lah beanie atau earmuff, sarung tangan, dan syal.



Sweater
Sweater akan menjadi pakaian yang sangat fungsional di London, terutama pada musim dingin dan musim gugur. Pakai sweater kalian di dalam jaket anti air atau mantel untuk menghangatkan badan. Semakin tinggi persentase wol sebagai bahan dasar sweater, maka akan semakin membantu badan kalian tetap hangat.



catatan:
Ada banyak pilihan tempat untuk berbelanja pakaian di London, namun jika ingin berbelanja lengkap mulai dari sepatu, celana, berbagai jenis baju, dan aksesoris, Oxford Street adalah lokasi yang paling tepat untuk dikunjungi. Lokasinya berada di pusat kota dan memiliki berbagai toko dengan range harga yang bervariasi, seperti Primark, H&M, hingga toko-toko barang bermerk. Info lebih lanjut: http://oxfordstreet.co.uk/.

Jika kalian memerlukan jaket, mantel, long john thermal, atau pakaian apa pun yang disarankan di sini, kalian bisa membelinya di London. Namun, jika membawa satu atau dua pakaian tersebut dari Indonesia akan membantu kalian bertahan melawan perbedaan cuaca saat awal kedatangan di London. Jika pakaian-pakaian yang disarankan terlalu mahal untuk kalian, coba cari jenis pakaian yang semirip mungkin dan terjangkau. Kemudian improvisasi pakaian tersebut berdasarkan informasi yang tertera.

Makanan Instan
Kalian bisa membawa satu atau dua bungkus mi instan sebagai penolong pertama pencegah lapar ketika pertama kali sampai di London. Makanan instan ini dapat membantu kalian ketika terlalu lelah atau tidak punya waktu untuk mencari makan. Bawa juga beberapa bumbu instan yang akan membantu kalian menghemat waktu ketika memasak. Tapi tenang saja, kalian bisa membeli mie atau bumbu instan ini di daerah China Town, London ☺



Makanan Kering
Kalian bisa membawa satu atau dua bungkus makanan kering ini. Seperti yang disebutkan sebelumnya, makanan ini akan membantu kalian disaat tidak punya cukup waktu atau energi untuk memasak atau mencari makanan di toko sekitar



Teh Celup
Di London, tidak ada es tes manis atau es the tawar seperti yang ada di Indonesia. Kalau kalian suka minum teh, lebih baik membawa satu atau dua kotak teh celup dari Indonesia.



catatan
:
Selalu bawa sedikit makanan instan ketika pertama kali datang ke London, karena mungkin saja kalian sudah lelah menempuh berjam-jam penerbangan dari Indonesia dan tidak punya cukup waktu untuk berkeliling daerah sekitar tempat tinggal untuk mencari makanan. Kangen dengan cita rasa masakan Indonesia selama berada di London? Jangan khawatir, London juga memiliki beberapa restoran Indonesia yang bisa kamu datangi, seperti:

Colokan Tiga Kaki
Steker listrik di London berbeda dengan steker listrik di Indonesia. Lebih baik kalian membawa dua steker adapter supaya bisa mengisi baterai handphone dan laptop.


 

Penanak Nasi
Barang elektronik ini sangat opsional, kalian bisa membawa penanak nasi kecil dari Indonesia. Bukan karena di London tidak ada penanak nasi, hanya saja disini tidak banyak jenis penanak nasi dan seringkali berukuran besar. Kalau pun kalian tidak membawa penanak nasi pun, kalian tetap bisa memasak nasi di panci atau microwave.

Barang-barang ini sangat terkait dengan preferensi kalian. Di London ada guling, tetapi sangat jarang. Kalau kalian mau membeli guling di London, kalian bisa memesan secara online karena di London sangat jarang orang menggunakan guling ketika tidur.