Kesehatan

Kenali kesehatan diri

Jadi mengidap penyakit yang butuh obat rutin, misalnya asma, konsultasikan terlebih dahulu ke dokter keluarga sebelum berangkat ke London. Jadi saat sudah berada disini, kamu sudah siap sedia dengan obat-obat darurat. Perubahan iklim dan cuaca bisa memicu serangan asma, so be prepared!

Tidak ada salahnya juga membawa surat pengantar berbahasa inggris dari dokter keluarga tentang riwayat penyakit kamu dan obat-obat yang biasa dikonsumsi untuk memudahkan komunikasi dengan dokter di UK. Perlu diingat, keanggotaan NHS butuh beberapa waktu untuk diproses, konsultasi dokter disini juga relatif butuh waktu yang lebih lama dibanding indonesia (tergantung kasusnya), tapi kalau kamu memang punya penyakit yang perlu persediaan obat darurat atau memang obat rutin, bawalah bekal setidaknya untuk 2 bulan pertama.


Konsultasi Gigi & Mata

 

NHS tidak menanggung biaya konsultasi gigi atau mata sedangkan biaya konsultasi gigi atau mata bisa jadi cukup besar tergantung penalataksanaannya. Jadi, pastikan gigi kamu sehat dan tidak berlubang. Selain itu, konsultasikan tentang sikat gigi dan pasta gigi yang tepat jika kamu punya gigi atau gusi sensitif. Cuaca yang lebih dingin dan udara yang lebih kering bisa memicu gusi kamu (terutama yang memang punya gusi sensitif) menjadi lebih mudah berdarah. Jika perlu bawa persediaan pasta gigi, sikat gigi dan obat kumur yang paling tepat untuk kamu dari Indonesia.

Untuk kesehatan mata, terutama untuk kamu yang memang sudah menggunakan kacamata, konsultasi ke dokter mata penting untuk memastikan kacamata yang kamu gunakan masih cocok. Jangan lupa membawa kacamata cadangan dari Indonesia. Kacamata di London, apalagi untuk minus tinggi, jauh lebih mahal dibanding dengan kacamata di Indonesia. Untuk pengguna contact lens, pilih contact lens yang cocok untuk iklim kering. Soft lense berbahan silicon dengan kandungan air yang relatif tidak terlalu tinggi (karena kandungan air yang tinggi justru membuat soft lens lebih kering di cuaca dingin) adalah pilihan yang tepat. Meskipun penggunaan soft lense terus menerus terutama di luar ruangan, tidak dianjurkan, tapi jika harus menggunakan maka konsultasikan terlebih dahulu ke dokter mata untuk pemilihan soft lense yang paling tepat.


Alergi

 

 

Perpindahan ke negara subtropis dengan suhu yang lebih dingin bisa memicu reaksi alergi. Jadi siap sedia obat-obat antihistamin seperti CTM (chlorphenamine maleat) atau cetirizine. CTM memiliki efek samping mengantuk yang lebih kuat dibanding cetirizine, so  it’s not a good idea to take CTM before a class.

Ingat, ini bukan obat bebas yang bisa dikonsumsi seenaknya. Hanya saja, dari hasil penelusuran di toko obat seperti Boots dan pharmacy store  lainnya di London, obat-obat anti alergi disini super mahal. Jadi bawa obat ini dari indonesia jika ingin lebih hemat. Untuk penggunaan dan dosisnya tetap konsultasikan terlebih dahulu ke dokter. Gunakan obat-obat anti alergi ini hanya jika diperlukan. Gejala alergi bisa berupa pilek , sering bersin, batuk, tenggorokan gatal, kulit gatal setiap terkena cuaca dingin. Tapi untuk lebih amannya, tetap konsultasi ke GP terdekat jika penyakit kamu tidak membaik.


First aid

 

 

 

Obat – obat dasar pertolongan pertama wajib dibawa. Ini termasuk obat anti nyeri/anti demam seperti paracetamol (karena lagi-lagi, paracetamol disini jauh lebih mahal dibanding di Indonesia), obat-obatan lain seperti obat maag , obat batuk (ada banyak merk. Pastikan kamu punya obat batuk yang tepat, ekspektoran untuk batuk berdahak, antitusif untuk batuk kering), dan obat flu ( yang boleh dibeli bebas dan umumnya mengandung beberapa jenis zat untuk menekan gejala flu).

Jadi pastikan kalau kamu minum obat ini, jangan minum obat lain yang bisa jadi sudah ada kandungannya dalam obat flu tersebut. pilihan obat flu lainnya adalah dekongestan. Hanya saja penggunaan obat ini sebaiknya di bawah pengawasan dokter. Alat P3K seperti betadine, plester luka, perban juga sebaiknya dibawa.


Vitamin

 

 

 

 

Ini bukan hal yang wajib, karena sebenarnya kamu bisa memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral (yang ada di dalam multivitamin) dari makanan sehari-hari. Make sure you eat 5 portions of fruits and vegetables a day and you’ll be okay.

Tapi karena perubahan iklim dan cuaca, akan ada saatnya daya tahan tubuh kamu menurun dan kamu butuh suplemen. You can bring your usual multivitamin dari Indonesia. Terutama yang punya kandungan vitamin C, D dan zinc. Pastikan kamu minum yang cukup ketika mengkonsumsi multivitamin. Kalau kamu biasa mengkonsumsi tolak angin, it’s okay to bring that, terutama karena disini kemungkinan untuk masuk anginnya lebih besar. Tidak dianjurkan mengkonsumsi rutin, tentu saja


Restriction

Jangan pernah membawa dan mengkonsumsi antibiotik jenis apapun tanpa konsultasi dokter. Contoh antibiotik yang sayangnya sering dikonsumsi bebas di Indonesia adalah amoxicillin dan FG troches.

Antibiotik pada dasarnya bukan obat yang bisa dibeli dan dikonsumsi bebas karena bisa meningkatkan resiko resistensi kuman.  Pola kuman di UK dan Indonesia sangat berbeda, sehingga dengan mengkonsumsi antibiotik tanpa pengawasan dokter, kamu secara langsung meningkatkan resiko terjadinya resistensi kuman d i tubuh kamu sendiri. So, always consult a doctor before taking any antibiotics.